oleh

Hadiri Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-58, Ali Mazi: Ini Momen untuk Evaluasi Diri

KENDARI, INIKATASULTRA.com – Puncak rangkaian kegiatan Hari Pramuka ke-58 tahun 2019 di Sulawesi Tenggara (Sultra) ditutup dengan meriah. Dengan dihelatnya Upacara Apel Besar Peringatan Hari Pramuka, di pelataran Kantor Gubernur Sultra, Rabu (14/8/2019).

Bertindak selaku pembina upacara Gubernur Sultra, Ali Mazi yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Sultra. Dalam acara tersebut dihadiri oleh peserta didik Pramuka mulai tingkatan mulai siaga, penggalang, penegak hingga pandega.

Nampak pula unsur Forkopimda, Kapolda Sultra, Danrem 143/HO, Komandan Lanal Kendari, Komandan Lanud Haluoleo, Kepala Basarnas Kendari, Pj. Sekda Sultra, Bupati/Walikota se-Sultra, Pj. Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemprov Sultra, Ketua Kwarda Sultra, Ketua Kwarcab se-Sultra, Pembina Pramuka, Pelatih Pramuka, Pimpinan SAKA serta Andalan Kwartir.

Ketua Kwarda Sultra Irawan Laliasa menyatakan kesiapan anggota Pramuka yang terdiri dari anggota muda dan anggota dewasa diluar tingkatan siaga dan penggalang yang berjumlah 22.684 orang di Sultra dalam segala segmen program unggulan pemerintah.

“Kami siap berpartisipasi aktif dalam program pemerintah baik yang berkaitan dengan pendidikan, kebancanaan, pembangunan sosial, ketahanan pangan, pendampingan masyarakat, penanggulangan sampah khusunya plastik, penanggulangan narkoba maunpun kegiatan-kegiatan lainnya agar mereke semua mendapatkan pengalaman, bimbingan, pengetahuan yang kelak menjadi bekal dimasa depan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Mabida Sultra Ali Mazi menekankan bahwa kegiatan Gerakan Pramuka merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional, sehingga sangat penting diselaraskan dengan jenjang pendidikan formal dan non formal. 

Selain itu, mengingat keprihatinan tentang belum terstandarnya seragam pramuka, baik warna, desain, atribut dan tata cara penggunaannya, menunjukkan kurangnya perhatian dan kesadaran akan arti penting persatuan dan kesatuan.

“Jadikanlah perayaan hari Pramuka tahun ini sebagai momen untuk selalu mengintropeksi dan mengevaluasi diri menuju capaian yang lebih baik dimasa depan,” ungkap Ali Mazi.

Diakhir sambutannya, dirinya pun menginstruksikan kepada jajaran terkait agar dalam waktu dekat dapat membahas dan merancang pembangunan bumi perkemahan Kwartir Daerah Sultra yang representatif dan multifungsi.

“Bumi perkemahan yang dibangun rencananya akan multifungsi selain tempat berlemah juga menjadi tempat wisata dan dapat menjadi laboratorium alam yang dapat menjadi wahana lokasi bagi generasi muda khususnya Gerakan Pramuka,” tutupnya. (ASL)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed