oleh

Konsumsi Daging Merah dan Risiko Kanker

INIKATASULTRA.comSiapa yang tidak suka daging kambing, enak di sate, di buat gule, hingga sop, membuatnya sangat populer untuk dikonsumsi. Demikian pula daging sapi dan domba, yang punya cita rasanya tersendiri.

Namun sayang, tidak banyak yang menyadari jika konsumsi daging merah ini, ternyata bukan tanpa risiko jika dilihat dari sisi kesehatan.

Seperti dilansir Authority Nutrition, konsumsi beberapa jenis daging di atas, jika salah dalam pengolahannya, dapat bertanggungjawab atas beberapa kondisi kesehatan, sebut saja kanker saluran pencernaan, prostat, ginjal dan kanker payudara, adalah beberapa di antaranya.

Dimasak dalam suhu yang tinggi, dipanggang, barbecue atau diasapi, beberapa jenis daging merah di atas ternyata dapat memicu produksi polycyclic aromatic hydrocarbons (PAH).

PAH yang dihasilkan dari lelehan lemak daging, ketika menyentuh permukaan grill atau wajan yang digunakan untuk memasak. memuai dan meresap ke dalam daging, pangkal dari segala permasalahan di atas.

Bahaya dari konsumsi daging yang dioleh dengan cara di atas, adalah yang disebabakan oleh heterocyclic amines (HA), atau dapat dikenali sebagai bagian daging yang kehitaman atau gosong, yang juga bertanggungjawab atas kasus kanker pada manusia. (FIN/IS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed