oleh

Pemain Barcelona yang Beri Gelar Eropa Digaji Seumur Hidup

INIKATASULTRA.com – Dalam kiprahnya di kompetisi antarklub Eropa, FC Barcelona telah memenangi 17 trofi. Perinciannya, 5 gelar Liga Champions, 5 titel Piala Super Eropa, 4 trofi Piala Winners, dan 3 gelar Piala Inter-Cities Fairs.

Pasalnya, para pemain Barca yang berjasa dalam 17 trofi tersebut mendapat apresiasi dari klub asal Catalan tersebut.

Semua berubah setelah Lionel Messi mencetak gol pemungkas untuk kemenangan 2-0 Barca atas United di Stadio Olimpico, Roma, sedekade lalu. Gol tandukan yang memanfaatkan umpan silang Xavi Hernandez itu menjadi awal bagi para legenda Barca yang meraih trofi Eropa untuk lebih dihargai.

Sudah satu dekade terakhir Barca memberikan gaji kepada para legenda klub. Bukan sekadar uang bulanan dalam durasi tertentu, melainkan gaji seumur hidup. Mirip uang pensiun. Sampai saat ini ada lebih dari 290 pemain yang mendapat privilege itu.

”Presiden klub (kala itu dijabat Joan Laporta, Red) menyatakan bahwa semua pemain yang ada dalam skuad Barca ketika menjuarai trofi Eropa akan menerimanya (gaji seumur hidup, Red). Dan, dia memenuhinya,” ucap eks striker Barca Juan Carlos Heredia seperti dilansir Marca kemarin (12/11).

Pria yang berkostum Barca pada periode 1974–1979 itu turut andil dalam memenangi Piala Winners 1979. Kala itu, pada partai final, Barca menang 4-3 atas klub Jerman Fortuna Duesseldorf. Sepanjang turnamen, Heredia hanya mencetak 1 gol. Gelar itu sekaligus yang terakhir bagi pria yang kini berusia 67 tahun tersebut. Sebab, tidak lama setelah turnamen berakhir, dia pulang kampung ke Argentina dan bergabung dengan River Plate.

Pemilik 19 gol dalam 67 laga bersama Barca itu kemudian membeberkan fakta bahwa di balik janji Laporta, ada andil Messi. Si Kutu –julukan striker Barca tersebut– yang membuat Laporta memberikan atensi kepada pemain yang berjasa bagi kejayaan klub. Juga memotivasi Messi yang saat itu masih berusia 22 tahun agar bisa semakin besar di masa depan.

Benar saja. Messi dua kali lagi mengantarkan Barca meraih Si Kuping Lebar –sebutan trofi Liga Champions. Masing-masing musim 2010–2011 dan 2014–2015. Alhasil, kembali memenangi Si Kuping Lebar selalu menjadi target utama Messi dkk setiap musim. Terlepas dalam skuad saat ini sudah ada delapan pemain yang menggaransi uang pensiun masing-masing. Selain Messi, ada kiper Marc-Andre ter Stegen, bek tengah Gerard Pique, fullback/gelandang Sergi Roberto, bek kiri Jordi Alba, gelandang Sergio Busquets, gelandang Ivan Rakitic, serta striker Luis Suarez.

”Kini giliran pemain muda seperti Frenkie de Jong, Ousmane Dembele, Arthur Melo, Clement Lenglet, dan Ansu Fati untuk menjamin masa tua mereka dengan menjuarai Liga Champions,” tulis Marca.

”Kami berjanji melakukan segalanya supaya piala cantik itu (Liga Champions, Red) kembali ke Camp Nou,” ucap Messi di Camp Nou awal musim ini dalam perebutan Trofeu Joan Gamper. (JP/IS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed