oleh

Tekan Pengurus Daerah, Zulhas Hasan Tetap Tak Bisa 2 Periode Tanpa Restu Amien Rais

INIKATASULTRA.com Petahana Zulkifli Hasan tidak akan bisa memimpin PAN dua periode tanpa dukungan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais.

PAN akan menggelar Kongres untuk memilih ketua umum periode 2020-2025 pada awal tahun depan.

Pengamat politik dari lembaga survei Saiful Mujani Reserch and Consulting (SMRC), Sirojudin Abbas mengatakan, klaim dukungan DPD terhadap Zulhas tidak akan ada artinya tanpa restu Amien.

“Kalau Pak Zulkifli bisa meyakinkan Pak Amien untuk dua kali, mungkin dia bisa. Tapi kalau Pak Amien tidak menghendaki, meskipun dia memobilisasi DPD-DPD, dugaan saya peluangnya tetap kecil,” ujar Sirojudin saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL (Fajar Group), Senin (2/12/2019).

Bahkan meskipun Zulhas berjanji menggaet putra Amien, Hanafi Rais sebagai sekretaris jenderal (Sekjen), Sirojudin memprediksi cara itu juga tidak efektif.

Sebab, Hanafi yang saat ini menjabat Ketua Fraksi PAN DPR bisa menjadi Sekjen juga jika mendapatkan restu dari Amien.

“Mana berani Hanafi melawan Pak Amien. Soal dia menjadi Sekjen, sama siapa saja bisa dia. Toh yang berkuasa tetap bapaknya, bukan hanya dengan Pak Zulkifli,” ucap Sirojudin.

Amien yang juga salah satu pendiri PAN dianggap Sirojudin sebagai faktor, PAN tidak bisa berinovasi dalam hal berpolitik.

Bayang-bayang Amien yang sangat kuat di internal partai, membuat partai berlambang matahari itu tetap dalam genggaman mantan Ketua MPR itu dari sejak berdiri hingga sekarang.

“Jadi meskipun ada pergantian ketua umum, itu praktiknya di PAN hanya pergantian pelaksananya saja. Yang berkuasa tetap Amien Rais. Dan saya kira itu aspek negatif dari kepemimpinan di PAN,” tutup Sirojudin.

Dikabarkan, ada semacam bujukan, tekanan, hingga ancaman kepada Ketua DPD PAN Kabupaten/Kota agar mendukung petahana Zulkifli Hasan pada Kongres nanti.

Tekanan dan ancaman datang dari oknum Ketua DPW PAN pendukung Zulhas terhadap beberapa Ketua DPD yang menolak menandatangani surat dukungan kepada Zulhas. (rmol/IS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed