oleh

Begini Cara Mencegah Badai Perselingkuhan dalam Hubungan

INIKATASULTRA.com – Kesetiaan dalam hubungan asmara adalah yang paling utama di atas segalanya. Sebab komitmen antara pasangan harus dipupuk terus untuk menciptakan keharmonisan dalam hubungan. Ketika salah satu pihak sudah berkhianat atau berselingkuh, kesalahan itu akan sulit dimaafkan.

Dilansir dari Lifehack, Minggu (29/12), tingkat perceraian di Amerika Serikat hampir 50 persen, dan secara signifikan lebih tinggi ketika seseorang sudah pernah dalam ikatan pernikahan kedua dan ketiga. Rata-rata perceraian disebabkan oleh perselingkuhan. Diperkirakan separuh dari pasangan menikah tidak jujur pada pasangan mereka.

Beberapa di antaranya dipicu karena masalah ranjang, kurang perhatian, atau kurang baik dalam berkomunikasi. Untuk mencegah perselingkuhan, masing-masing pasangan harus bisa melakukan beberapa hal.

1. Perjanjian Terang-Terangan

Stan Tatkin, penulis Wired for Love, telah menulis tentang pentingnya memiliki perjanjian yang jelas di awal hubungan. Perjanjian harus jelas, harus ada percakapan tentang hukuman dan konsekuensi yang akan dilakukan jika selingkuh sampai terjadi. Batasan-batasan apa yang sudah masuk kategori selingkuh. Apa yang dimaklumi dan tak bisa ditoleransi.

2. Penuhi Keinginan dan Perhatian

Pertahanan terbaik bisa membangun benteng perselingkuhan. Caranya dengan memenuhi sebisa mungkim keinginan dan kebutuhan pasangan. Lakukan secara dua arah. Berikan perhatian yang cukup.

3. Lakukan Hal Bersama

Luangkan waktu untuk menjalani hobi bersama tak hanya sekadar kencan. Misalnya melakukan hobi bersama, baca buku bersama, menghadiri seminar, atau saling dukung dengan kuliah bersama.

4. Pahami Pasangan

Kedengarannya sederhana. Tapi ternyata tidak. Setiap pasangan memiliki pola pikir yang berbeda. Utamakan kejujuran dengan banyak kasih sayang. Cari tahu beberapa hal tentang pasangan yang tidak diketahui orang lain.

5. Jangan Cemburu Buta

Jika terlalu curiga pada pasangan, hal itu akan membuat pasangan kesal. Kecemburuan adalah hal yang wajar, tetapi cobalah untuk tidak cemburu buta tanpa alasan yang jelas.

6. Perhatian dan Selalu Hadir Untuk Pasangan

Berikan pasangan berbagai hal terkait kebutuhan emosional, intelektual, dan fisik. Sebab jika tak ada rasa perhatian, orang lain bisa menggoda dan menggantikan posisi untuk pasangan kita.

7. Tutup Peluang

Perselingkuhan bisa terjadi karena adanya peluang. Bepergian dengan seorang rekan kerja, terlalu baik dengan rekan kerja, dan memiliki lingkaran sosial yang terlalu dekat bisa membuka peluang. Jadi apa yang harus dilakukan? Tetap berkomunikasi sepanjang hari dan beri perhatian pada pasangan. Bentengi diri dengan membangun energi kemesraan sendiri. (JP/IS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed