oleh

Tahun 2020, Baubau Dapat Kuota Jemaah Haji 172 Orang

BAUBAU, INIKATASULTRA.com – Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan kuota Calon Jamaah Haji (CJH) untuk tahun 2020 di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sebanyak 2.100 orang. Dari jumlah tersebut, Kota Baubau mendapat bagian 127 orang.

“Kita sudah umumkan kuota haji ini. Jadi, mereka (CJH, red) sudah tahu,” ungkap Kepala Kantor Kemenag Baubau, Rahman Ngkaali, Kamis (6/2).

Kata dia, 172 kuota haji ini belum mutlak atau dengan kata lain masih berpeluang mengalami tambahan. Sebab, ada juga usulan penambahan kuota khususnya CJH Lanjut Usia (Lansia). Untuk ini, pihaknya masih menunggu informasi dari Kemenag RI.

“Kemudian ada cadangan 10 persen dari jumlah kuota. Itu untuk mengantisipasi jangan sampai ada jamaah yang membatalkan keberangkatanya entah itu karena sakit, meninggal dunia atau menunda karena ingin berangkat bersama keluarganya,” ujarnya.

Ia mengakui saat ini belum ada calon jamaah yang melunasi Ongkos Naik Haji (ONH). Ini lantaran masih menunggu Keputusan Presiden (Kepres) tentang jumlah pelunasan ongkos haji. Pihaknya memperkirakan calon jamaah sudah bisa melunasi ONH pada Mei 2020.

Rahman menambahkan, para CJH kini sudah memasuki tahapan pemeriksaan kesehatan pertama. Pemeriksaan yang direncanakan tuntas Senin (10/2) ini melibatkan tiga Puskesmas yaitu Wajo, Betombari dan Wameo.

“Kalau ada CJH yang ditemukan mengidap penyakit serius yang berhubungan dengan virus menular, maka kita rekomendasikan untuk ditunda. Begitu pula dengan wanita hamil. Tetapi kalau hanya sakit biasa itu tidak ada masalah,” tandasnya. (BP/IS)


 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed