oleh

Jangan Panik! Ini Cara Cegah Terkena Virus Corona

INIKATASULTRA.com Masyarakat Indonesia terkejut dengan dua orang warga Depok, Jawa Barat positif terinfeksi virus corona atau Covid-19.

Tapi jangan panik dengan sudah mulai mewabahnya virus corona yang berasal dari China itu di Indonesia.

Jumlah virus yang masuk dan kondisi kekebalan tubuh seseorang sangat memengaruhi terkena atau tidaknya penyakit corona.

Apabila seseorang terpapar dengan jumlah virus yang cukup banyak dengan kondisi kekebalan tubuh yang lemah, infeksi virus corona bisa terjadi.

Apalagi pada orang yang sistem kekebalan tubuhnya rendah, misalnya pada orang tua, anak-anak, dan penderita HIV. Paparan virus corona yang sedikit sudah pasti bisa membuat mereka terinfeksi.

Akan tetapi, tidak dimungkiri juga bahwa jika sistem kekebalan tubuh yang kuat dan virus yang terpapar hanya sedikit, bisa membuat tubuh Anda lolos terhindar dari infeksi corona.

Cara Mencegah Terkena Infeksi Virus Corona

Sekarang ini, penting untuk mencegah agar kita terhindar dari penyakit mematikan ini. Salah satu caranya adalah dengan menghindari sumber transmisi atau penyebaran virus itu sendiri.

Untuk dapat mencegah infeksi coronavirus, kita harus melindungi diri dari kemungkinan paparan yang ada.

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk memutus penyebaran corona adalah dengan menggunakan masker.

Berikut ini adalah panduan seputar penggunaan masker untuk mencegah infeksi virus corona, sesuai dengan anjuran Badan Kesehatan Dunia (WHO).

  • Bagi orang yang sehat, penggunaan masker hanya dianjurkan apabila Anda hendak berkontak langsung dengan orang yang diduga terinfeksi virus corona.
  • Jika Anda sakit, batuk atau pilek, gunakan masker di saat apapun agar tidak menularkan penyakit.
  • Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, khususnya sebelum menyentuh hidung, mulut, dan mata. Jika tidak ada sabun dan air, gunakan hand sanitizer.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan masker guna meminimalkan penyebaran COVID-19, berikut ini panduan yang diberikan oleh WHO:

  • Sebelum memasang masker, cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, atau hand sanitizer
  • Pastikan masker menutup seluruh bagian mulut dan hidung dengan sempurna (tidak kendur)
  • Hindari menyentuh masker ketika sedang digunakan. Jika tidak sengaja tersentuh, segera cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, atau hand sanitizer.
  • Ganti masker dengan yang baru apabila sudah tampak lembap atau kotor
  • Jangan gunakan masker sekali pakai secara berulang
  • Saat hendak melepas masker, lepaskan dari bagian belakang dan hindari menyentuh bagian depan masker. Segera buang di tempat sampah tertutup. Setelahnya, cuci tangan Anda menggunakan sabun dan air mengalir, atau hand sanitizer.

Agar risiko penularan virus corona bisa lebih ditekan lagi, kombinasikan tata cara penggunaan masker tersebut dengan perilaku sehat berikut ini:

  • Menutup mulut dengan tangan ketika bersin atau batuk agar virus yang ada di dalam diri Anda tidak menulari orang lain.
  • Mencuci tangan dengan bersih, terutama sebelum makan, sebelum memasak, dan setelah dari toilet. Pakai hand sanitizer apabila berada di kondisi minim air
  • Anda juga wajib memasak makanan hingga matang, hindari makan makanan mentah selama wabah virus corona belum dipastikan selesai.
  • Apabila terdapat gejala seperti demam tinggi, batuk, dan sesak napas segera periksakan diri ke rumah sakit.
  • Jaga daya tahan tubuh agar tetap sehat, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, tidak merokok, tidur cukup, serta berolahraga.

Dengan banyaknya informasi yang beredar, kita juga harus bijak dalam menerima informasi yang ada serta mencari informasi di sumber yang kredibel, terpercaya dan juga resmi.

Di Indonesia sudah ada kasus infeksi virus corona, meski jumlahnya sedikit. Walau begitu, Anda tetap harus melakukan pencegahan agar penularan benar-benar tidak terjadi. (Jpnn/IS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed