oleh

1.007 Napi di Sultra Dapat Remisi Idul Fitri, 8 Orang Langsung Bebas

KENDARI, INIKATASULTRA.com Sebanyak 1.007 narapidana (napi) dewasa dan anak yang ada, di Rumah Tahanan Negara (Rutan) dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), di Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapat pengurangan masa hukuman atau remisi khusus Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

Dari 1.007 napi yang mendapat remisi tersebut, 8 orang diantaranya langsung bebas.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sultra, Muslim mengungkapkan ada 1.099 napi di Sultra tahun ini yang diusulkan mendapat remisi. Namun, baru 1.007 yang disetujui oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

“Pemberian remisi hari raya atau remisi khusus diberikan kepada semua narapidana, dan yang sudah turun SK-nya baru 1.007 orang. Ada RK 1 atau mendapat remisi tapi belum sampai bebas, sebanyak 999 orang, dan RK 2 mendapat remisi ternyata pidananya habis maka dia langsung bebas, itu ada 8 orang,” kata Muslim saat dihubungi, Senin (25/5/2020).

Menurutnya, seluruh napi yang mendapat remisi patut bersyukur, apalagi yang sudah bebas dari tahanan diharapkan tidak mengulangi lagi perbuatannya.

“Dan bagi yang belum sampai bebas diharapkan bisa berkelakuan baik selama menjalani masa pidananya,” katanya.

Muslim menambahkan, napi yang mendapatkan remisi khusus ini adalah yang sudah menjalani dua pertiga masa pidananya dan berkelakuan baik selama berada di dalam Lapas atau Rutan.

“Besaran remisi yang diberikan, bervariasi mulai 15 hari sampai 2 bulan tergantung masa pidana yang telah dijalani,” tandasnya. (Yusran)

Rekapitulasi jumlah narapidana dewasa dan anak, di Sultra yang telah mendapatkan remisi khusus hari raya Idul Fitri 2020.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed