oleh

Besok, Pemprov Sultra Akan Uji Coba Alat PCR

KENDARI, INIKATASULTRA.com Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) berencana melakukan uji coba alat polymerase chain reaction (PCR), di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas Sultra, Selasa (26/5/2020) besok.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sultra, Muh. Ridwan mengatakan uji fungsi atau uji coba alat diagnostik virus Corona atau Covid-19 tersebut rencananya akan dilakukan pukul 09.00 Wita.

“Rencananya besok jam 9 kita akan lakukan uji fungsi. Reagen kit yang ditunggu sudah ada, dengan persyaratan Biosafety Level 2 (BSL-2) yang dipersyaratkan oleh Departemen Laboratorium, sehingga besok bisa dilakukan,” ujar dr. Ridwan saat dihubungi, Senin malam (25/5/2020).

Lanjut dia, dengan berfungsinya alat PCR nanti, maka hasil tes untuk pasien Covid-19 bisa segera diketahui tanpa harus menunggu lama.

“Jadi tak lagi menunggu hasil dari Labkesda Makassar dan Jakarta, harapannya alat PCR di Sultra ini cepat memutuskan mata rantai virus corona,” imbuhnya.

Kepala Balai POM Kendari, Firdaus Umar mengaku pihaknya siap membantu Pemprov Sultra untuk uji fungsi dengan metode RT-PCR.

“Kita sudah dikonfirmasi, jadi besok kita nanti berbarengan, nanti dari kita ada operator alatnya (PCR) bekerjasama dengan pihak rumah sakit untuk melakukan uji fungsi dulu, jadi kita melakukan uji coba dengan reagen kit,” katanya.

“Nah, uji coba dengan reagen kit merupakan hal baru dengan metode yang baru. Kemudian kita melakukan pemahaman dengan metode yang ada. Setelah itu kita langsung melakukan uji coba terkait dengan sampel yang positif jadi kita fungsi alatnya,” sambungnya.

Untuk itu, lanjut Firdaus, kalau uji fungsi nanti berhasil, maka selanjutnya tinggal melakukan uji sampel swabnya.

“Makanya kita lihat kondisi besok, semoga satu hari besok kita bisa lakukan uji fungsi dengan baik agar segera melakukan uji mandiri sampel swab Covid-19,” tambahnya.

Sementara itu, Plt Direktur RSU Bahteramas Sultra, dr. Hasmuddin mengatakan pihaknya sudah menyediakan laboratorium khusus untuk pelaksanaan uji fungsi alat PCR tersebut. Termasuk SDM yang akan menjalankan alat tersebut sudah dipersiapkan.

“Kalau kita sudah siap. Mudah-mudahan besok uji cobanya berjalan lancar, sehingga Sultra juga bisa melakukan uji swab mandiri dengan metode PCR,” tandasnya. (Yusran)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed